Tuesday, October 9, 2012

Bagaimana cara menjaga gigi tetap sehat?


gigi sehat dan kuat

Kami akan berbagi tips untuk menjaga kesehatan gigi Anda:

1. Segera sikat gigi setelah makan, dan gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.
Kadang- kadang ada yang bertanya mengenai sikat gigi elektrik. Sikat gigi elektrik boleh saja digunakan asalkan waspada dengan pasta gigi yang 'terbang' saat sikat gigi elektrik bekerja. Menyikat gigi segera setelah makan juga bisa menjadi pelengkap program diet Anda, akan terasa malas ngemil ketika gigi Anda sudah bersih setelah disikat.

2. Periksa ke dokter gigi secara teratur, minimal enam bulan sekali.
Penyakit gigi dan gusi (gigi berlubang, gusi berdarah, gigi goyang) merupakan masalah umum di dalam mulut. Dokter gigi kepercayaan Anda dapat membantu membersihkan plak, sisa makanan, dan bakteri untuk mencegah terjadinya penyakit gigi dan gusi. Doker gigi juga akan memberitahu Anda apakah cara menyikat gigi Anda sudah benar atau belum, frekuensinya, diet yang aman bagi kesehatan gigi, serta perawatan bagi gigi dan gusi Anda yang bermasalah.

3. Jangan menggigit makanan yang terlalu keras.
Misalnya menggigit es batu dengan gigi Anda, karena gigi Anda bisa patah! Banyak sekali 'korban' gigi patah karena sering mencoba- coba kekuatan giginya. Gigi yang sudah patah (patah berupa garis patahan, maupun patah sebagian gigi) tidak bisa diselamatkan.

4. Jangan mengkonsumsi produk-produk tembakau.
Tembakau dapat mengakibatkan penyakit gusi, gigi goyang, bau mulut, noda bandel pada gigi, dan kanker mulut dan tenggorokan.

5. Menambahkan gula pada minuman seperti kopi dan teh.
Ingat! gula meningkatkan resiko terjadinya gigi berlubang, dan dalam jangka panjang juga meningkatkan resiko terkena diabetes mellitus (kencing manis).

6. jangan mengabaikan gejala penyakit gigi dan gusi yang timbul.
Bercak putih susu, noda coklat kehitaman pada permukaan gigi merupakan pertanda awal terjadinya lubang pada gigi. Begitu pula gejala gusi berdarah merupakan pertanda adanya keradangan gusi. Jangan abaikan kedua gejala penyakit gigi dan gusi tersebut, segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Gigi berlubang cenderung sukar untuk dibersihkan dan menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri, dikhawatirkan di kemudian hari akan menimbulkan keluhan nyeri hebat spontan (cekot- cekot). Gusi berdarah juga harus segera mendapatkan penanganan oleh dokter gigi, karena proses keradangan pada gusi berdarah dapat berkembang lebih jauh mengakibatkan kegoyangan gigi. Pada kasus penyakit gigi dan gusi yang sudah parah, perawatannya akan menjadi lebih kompleks.

~Semakin bersih gigi Anda, semakin lama gigi Anda akan berfungsi dengan baik~

0 comments:

Post a Comment