Thursday, December 13, 2012

Perlukah gigi bungsu yang tumbuh miring diambil / dicabut?

Gigi manusia dewasa berjumlah tiga puluh dua (tiap rahang berjumlah enam belas, tiap sisi berjumlah delapan), terdiri dari dua gigi seri, satu gigi taring, dua geraham kecil, dan tiga geraham besar.


dua gigi seri, satu gigi taring, dua geraham kecil, dan tiga geraham besar

Gigi geraham ketiga atau yang sering disebut gigi bungsu / wisdom teeth adalah gigi geraham yang tumbuh paling terakhir. Gigi geraham ketiga mulai tumbuh sekitar usia enam belas tahun hingga dua puluh lima tahun.

Karena terletak di rahang bagian paling belakang, dan tumbuh paling akhir, seringkali gigi geraham bungsu tidak kebagian tempat untuk tumbuh. Pola tumbuhnya pun sangat bervariasi, gigi geraham bungsu seringkali tumbuh miring. Gigi bungsu yang tumbuh miring dapat dilihat langsung di dalam mulut maupun lewat foto radiografi / x-ray. Foto x-ray digunakan terutama untuk melihat gigi geraham bungsu yang tidak tampak tumbuh menembus gusi (terpendam total di dalam gusi).

Beberapa orang mengkhawatirkan saat- saat tumbuhnya gigi geraham bungsu sebab pada sebagian kasus tumbuhnya gigi geraham bungsu menimbulkan keluhan. Gigi geraham bungsu yang tidak kebagian tempat untuk tumbuh serta tumbuh miring dapat menimbulkan akibat sebagai berikut:

1. Karena tidak dapat tumbuh sempurna, maka gigi geraham bungsu tidak dapat menembus gusi seluruhnya. Gusi di sekitar gigi geraham bungsu tersebut rawan menjadi lokasi terjebaknya sisa makanan. Sisa makanan yang terjebak di dalam gusi dapat mengakibatkan radang gusi hingga pembengkakan gusi.

2. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring dapat mendesak gigi tetangganya (gigi geraham kedua) dan mengakibatkan lubang pada gigi geraham kedua.

3. Karena lokasinya yang paling belakang, cenderung sukar untuk membersihkan gigi geraham bungsu, hal ini mengakibatkan mudahnya makanan terselip dan terjadi lubang pada gigi tersebut. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring akan mengakibatkan sikat gigi sukar menjangkau daerah yang sempit sehingga tidak jarang gigi geraham kedua juga terkena lubang.

4. Dalam jangka waktu yang lama, gigi geraham bungsu yang tumbuh miring akan mendesak gigi- gigi di depannya dan akan mengakibatkan susunan gigi yang berdesakan.

5. Gigi geraham bungsu terkadang dapat menyebabkan rasa pegal- pegal pada daerah pundak, punggung, sakit kepala, demam, dan lain- lain.

Apabila Anda memiliki gigi geraham bungsu yang sedang bertumbuh, coba berkonsultasilah ke dokter gigi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut apakah gigi tersebut dapat dipertahankan atau kondisinya dikhawatirkan menimbulkan dampak buruk seperti yang telah dijelaskan di atas dan perlu untuk diambil / dicabut.

0 comments:

Post a Comment