Thursday, May 23, 2013

6 lokasi lubang gigi yang sering terjadi

banyak lokasi pada gigi yang rentan berlubangBayangkan saat kunjungan Anda ke dokter gigi, pak dokter/ bu dokter gigi memeriksa gigi Anda, kemudian menunjukkan kepada Anda melalui layar monitor ada satu, dua, tiga, empat……. Lubang pada gigi. Mengagetkan sekali jika gigi-gigi yang tidak pernah terasa sakit ternyata sudah ada 4 buah yang berlubang? Jangan keburu kecewa, perhatikan dan ingat baik- baik lokasi lubang yang terdapat pada gigi. Mungkin ada yang terlewatkan, atau mungkin Anda menggosok gigi terlalu keras?

Letak lubang yang sering terjadi pada gigi adalah sebagai berikut:
 
Celah- celah yang terdapat di permukaan kunyah gigi belakang.
Sisi permukaan gigi belakang (geraham kecil dan geraham besar) atas dan bawah memiliki banyak celah- celah sempit. Celah sempit ini merupakan lokasi yang sering mengawali lubang gigi.

Daerah kontak antara dua gig yang bersebelahan.
Pada daerah kontak gigi yang bersebelahan juga berupa celah menyempit, apalagi jika ada tambalan yang kurang pas atau gigi yang patah, akan menjadi markas bagi sisa makanan dan plak. Sikat gigi pun juga sulit untuk menjangkaunya. Untuk membersihkan daerah kontak antara dua gigi yang bersebelahan silahkan menggunakan dental floss/ benang gigi.

Tepi tambalan/ tumpatan, mahkota gigi tiruan.
Terkadang batas antara tambalan, mahkota gigi tiruan tidak mulus dan rata seperti yang diharapkan. Daerah batas antara gigi dan tambalan atau mahkota gigi tiruan yang tidak rata merupakan lokasi strategis bagi plak yang akan mengakibatkan lubang. Hati- hati untuk gigi yang diselubung mahkota gigi tiruan, proses kerusakan gigi hanya terjadi pada gigi yang ada di dalam mahkota gigi tiruan, sedangkan mahkota gigi tiruan tidak bisa rusak karena plak, hal ini sering tidak disadari karena lubangnya tertutupi oleh adanya mahkota gigi tiruan.

Leher gigi.
Leher gigi sering menjadi berlubang karena konsumsi minuman  yang mengandung asam seperti minuman berenergi, minuman berkarbonasi, alcohol. Menyikat gigi yang terlalu keras juga dapat merusak enamel pada leher gigi. Lubang pada leher gigi dapat mengakibatkan rasa ngilu yang hebat terlepas dari besar kecilnya lubang.

Akar gigi.
Adanya penyakit gusi dan tulang yang menyangga gigi karena infeksi dapat mengakibatkan gusi menjadi turun dan akar gigi menjadi terlihat. Akar gigi tidak tersusun oleh enamel/ email. Struktur akar gigi tidak sekuat email, sehingga rentan berlubang.

Gigi yang berada tepat di samping gigi tiruan lepasan.
Sisa makanan mudah terjebak di antara gigi tiruan lepasan dan gigi. Adanya kawat klamer yang merangkul gigi (untuk retensi gigi tiruan lepasan) juga merupakan lokasi yang potensial menjadi markas sisa makanan dan plak.
 
Dengan mengetahui lokasi pada gigi yang sering berlubang, Anda akan semakin teliti dalam membersihkan permukaan- permukaan gigi. Di samping itu penting juga untuk periksa ke dokter gigi untuk menambal ulang tambalan yang sudah bocor atau permukaannya kurang rata sehingga menjadi tempat berkumpulnya plak.


0 comments:

Post a Comment