Wednesday, June 5, 2013

Gigi Permanen Tumbuh di Belakang Gigi Sulung

gigi permanen tumbuh di belakang gigi sulung

Seringkali orang tua menjadi cemas saat melihat gigi permanen anak nya tumbuh ‘kurang normal’ berada di belakang gigi sulungnya. Bukankah seharusnya gigi sulung tersebut akan lepas dengan sendirinya dan digantikan oleh gigi permanen? Benar. Namun adanya gigi permanen yang tumbuh di belakang gigi sulung tidak perlu terlalu dicemaskan.



Saat gigi permanen akan tumbuh, gigi permanen akan bergerak menembus gusi dan melarutkan akar gigi sulungnya. Biasanya gigi sulung yang akarnya sudah mulai larut akan mengalami kegoyangan. Gigi permanen yang sudah siap tumbuh menembus gusi akan melarutkan seluruh akar gigi sulung, sehingga gigi sulung tersebut menjadi sangat goyang karena hanya tersisa mahkotanya saja. Keadaan ini biasanya diikuti dengan lepasnya mahkota gigi sulung dengan sendirinya. 

Sebanyak 10% anak- anak pernah mengalami pertumbuhan gigi permanen yang lain dari yang seharusnya. Akar gigi sulung tidak mengalami pelarutan dengan sempurna, sehingga gigi sulung tersebut akan tetap berada di tempatnya sementara gigi permanen penggantinya tumbuh di belakang gigi sulung. Kejadian ini dalam istilah kedokteran gigi disebut Persistensi (gigi sulung yang sering mengalami persistensi adalah gigi seri sulung atas dan bawah). 

Gigi sulung yang mengalami persistensi ini dapat bertahan di tempatnya sedemikian kokoh (sedikit akar yang dilarutkan), menjadi goyang dan berubah posisinya (ada pelarutan akar), atau bahkan tampak terdorong keluar dari gusi dan mengakibatkan sariawan. Terkadang ada gigi sulung persistensi yang bias lepas dengan sendirinya. Yang menjadi masalah adalah sampai kapan gigi sulung tersebut bertahan di tempatnya?

Jika gigi permanen sudah mulai tumbuh dan gigi sulung yang mengalami persistensi tidak kunjung lepas sendiri hingga beberapa minggu, maka sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk segera diambil. Kenapa? Karena kita tidak bisa mengetahui sampai kapan gigi sulung tersebut akan lepas dengan sendirinya, dan kelainan arah tumbuh gigi permanen yang berada di belakang gigi sulung dikhawatirkan dapat mengakibatkan susunan gigi kelak menjadi berdesakan. Membuat susunan gigi menjadi tidak rata dan berdampak buruk terhadap senyum, perubahan pengunyahan, dan susah untuk dibersihkan.

0 comments:

Post a Comment