Thursday, July 4, 2013

8 Penyebab Bau Mulut

Makanan terasa nikmat jika disajikan dengan berbgai penyedap. Namun setelah selesai menikmati hidangan yang nikmat tersebut akan terasa bau mulut yang kurang sedap. Apakah bau mulut kurang sedap hanya disebabkan oleh makanan? Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor.

banyak penyebab bau mulut

  1. Bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling utama. Bakteri terdapat di manapun di dalam mulut, dapat bersembunyi di dalam gusi, di sela- sela gigi, di lidah, dan mulut bagian belakang. Sikat gigi atau flossing dapat mengurangi jumlah bakteri, ingat, hanya mengurangi, bakteri di dalam mulut tidak bisa dihilangkan 100%. Jadi, jika Anda suka ngemil, bakteri akan segera mengurai sebagian sisa makanan tersebut menjadi gas yang kita kenal sebagai bau mulut kurang sedap.
  2. Makanan. Beberapa jenis makanan seperti bawang dapat menghasilkan gas yang kurang sedap aromanya dan keluar menjadi bau mulut. Makanan yang memiliki aroma atau rasa yang tajam kemungkinan besar dapat mengakibatkan bau mulut. Makanan yang memiliki kadar protein yang tinggi seperti susu, telur, dan keju juga dapat mengakibatkan bau mulut kurang sedap.
  3. Masalah lambung. Infeksi pada lambung yang dikarenakan aktifitas bakteri juga menghasilkan gas. Gas ini akan keluar melalui mulut dan menimbulkan bau mulut kurang sedap.
  4. Tonsil. Tonsil merupakan organ system kekebalan tubuh / imunitas yang terdapat di dalam mulut bagian belakang. Terkadang tonsil dapat mengalami infeksi dan gangguan sehingga menimbulkan batu tonsil yang berwarna seperti keju. Batu tonsil ini mengeluarkan bau yang tidak sedap dan keluar melalui mulut saat bicara.
  5. Menstruasi. Beberapa wanita mengeluhkan adanya bau mulut kurang sedap saat periode menstruasi, hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Saat menstruasi, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh wanita dan di dalam rongga mulut. Perubahan hormone ini membuat lingkungan rongga mulut lebih ‘nyaman’ bagi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Kejadian yang sama juga ditemukan pada beberapa ibu hamil.
  6. Obat- obatan, rokok, alkohol. Obat- obatan dapat memicu terjadinya bau mulut dikarenakan efek samping obat tersebut yang mengakibatkan menurunnya jumlah air liur, mulut menjadi kering, dan bakteri- bakteri yang menimbulkan bau mulut tumbuh dengan subur.
  7. Mulut kering. Mulut kering dapat menimbulkan bau mulut kurang sedap, salah satu contoh adalah bau mulut di pagi hari saat bangun tidur. Saat tidur jumlah air liur di dalam mulut menurun. Aktivitas seperti berbicara, berpidato, memberi kuliah juga dapat membuat mulut kering. Jadi jangan lupa untuk membawa air putih, atau permen karet yang akan meningkatkan jumlah air liur di dalam mulut. 
  8. Penyakit gusi. Bakteri yang bertumbuh di dalam gusi dapat mengakibatkan penyakit radang gusi. Jika tidak segera diterapi, bakteri- bakteri tersebut akan terus menginfeksi tulang yang ada di bawah gusi. Gusi yang terinfeksi kronis ini merupakan markas besar bagi populasi bakteri yang dapat mengakibatkan bau mulut tidak sedap. Infeksi gusi kronis ini juga dapat mengakibatkan gigi menjadi goyang.

0 comments:

Post a Comment