Sunday, July 28, 2013

Sakit gigi lebih sakit daripada patah hati?


mengapa sakit gigi terasa begitu menyiksa?


Siapa yang pernah sakit gigi? Saat sakit gigi selalu yang ada adalah disalahkan karena tidak menggosok gigi. Siapa yang bisa menduga sakit gigi itu sakit nya luar biasa? Seringkali orang membandingkan sakit gigi apakah lebih sakit daripada patah hati. Mungkin yang dimaksud adalah sakit gigi selalu terasa luar biasa sakit dan lebih sakit daripada adanya memar dan bengkak pada bagian tubuh yang lain.



Ingat ketika lutut kita terbentur benda keras? Setelah terbentur, tidak lama lutut kita akan terasa hangat, memar, dan bengkak. Lutut kita yang dibungkus kulit yang lentur dapat membengkak. Jika gigi mengalami iritasi karena trauma benturan atau karena infeksi kuman (berlubang), saraf dan pembuluh darah di dalamnya juga akan bereaksi sama seperti organ tubuh yang lain, mengalami pembengkakan. Namun dapatkah saraf dan pembuluh darah yang ada di dalam gigi membesar dan membengkak? Tentu saja tidak! Saraf dan pembuluh darah yang ada di dalam gigi dikelilingi oleh email dan dentin gigi yang begitu keras. Karena tidak mungkin terjadi bengkak di dalam gigi, maka tekanan berakumulasi dan menjepit saraf serta pembuluh darah yang ada di dalam gigi, inilah yang mengakibatkan rasa nyeri pada gigi begitu hebatnya.


Beberapa organ tubuh lain yang dikelilingi struktur yang keras juga mengalami rasa nyeri yang hampir sama seperti gigi. Seperti trauma pada kuku, tekanan di bawah kuku akibat pembengkakan yang terhalang kuku yang keras mengakibatkan rasa nyeri yang hebat.

0 comments:

Post a Comment